HomeIndustriesEducationWork Motivation - Things that Have a Big Impact On Employee Productiveness

Work Motivation – Things that Have a Big Impact On Employee Productiveness

Setiap orang pasti pernah merasa bosan dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Apapun pekerjaannya, mereka pasti terkadang merasa bosan dan lelah. Hal ini cukup wajar karena kebosanan adalah sifat manusia. Tapi, kamu harus melawan perasaan itu untuk tetap produktif. Satu-satunya cara untuk melawan perasaan ini adalah dengan memiliki motivasi kerja. Jika motivasi kerja Anda kurang, biarkan rasa jenuh dan lelah terus menguasai Anda, maka karir kerja tidak akan berkembang atau bahkan cenderung merusak diri sendiri. 

Dengan memiliki motivasi, seorang karyawan dapat memiliki kesungguhan dan rasa semangat untuk bekerja. Dengan begitu, karyawan dapat mempertahankan prestasi kerjanya dengan baik di perusahaan. Hal ini dikarenakan SDM pasti menginginkan keterampilan dan kualitas karyawannya sesuai standar perusahaan. Seorang HR akan memantau kinerja dan aktivitas karyawannya dengan sistem HRIS . Hal ini memudahkan HR untuk memantau kinerja karyawannya setiap saat.

motivasi wajan

Daftar isi

Unduh Sekarang: Perhitungan Skema Harga Perangkat Lunak dari HashMicro

Pengertian Motivasi Kerja

Ernest J. McCormick menjelaskan bahwa motivasi kerja adalah suatu kondisi yang memiliki pengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan, dan memiliki perilaku yang erat kaitannya dengan lingkungan tempat kita bekerja. Jadi, motivasi kerja adalah dorongan dari luar dan dalam diri kita untuk menumbuhkan rasa semangat bekerja dan mencapai tujuan.

Kita bisa membayangkan bagaimana jadinya jika kita tidak punya motivasi untuk bekerja. Tentunya kita akan kesulitan untuk menyelesaikan tanggung jawab kita di tempat kerja, pekerjaan tidak terselesaikan dengan maksimal, bahkan bisa membuat Anda merasa tertekan karena belum siap menerima tekanan.

Baca juga: Jenis-Jenis Pekerja dan Cara Menentukannya yang Tepat

Indikator Motivasi Kerja Karyawan

Seorang karyawan dapat memiliki motivasi dalam bekerja tergantung dari keinginannya untuk berwirausaha sehingga dapat memberikan kinerja yang baik dan mencapai tujuan perusahaan tempatnya bekerja. Beberapa indikator dapat mencapai tujuan motivasi karyawan, seperti:

1. Dorongan dari dalam diri sendiri untuk motivasi bekerja

Indikator ini merupakan insting yang muncul untuk mendorong seseorang untuk dapat mencapai tujuannya. Namun, kekuatan pendorong untuk setiap individu berbeda. Ada yang terdorong untuk bekerja semaksimal mungkin untuk melanjutkan pendidikan, membantu orang tua, dan sebagainya. 

2. Kesediaan untuk maju

Keinginan karyawan untuk lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya dalam melakukan sesuatu dapat terjadi karena pengaruh. Umumnya, ini akan dihasilkan dari dampak orang lain dan membuat orang tersebut bereaksi. Contohnya adalah ketika seseorang ingin membuktikan bahwa dia bisa melakukan sesuatu, meskipun orang lain berpikir dia tidak bisa. Bisnis mendukung karyawan yang dapat maju dengan menggunakan perangkat lunak manajemen kompetensi untuk meningkatkan kemampuan mereka.

3. Ketulusan

Dengan memiliki keikhlasan, seseorang dapat dengan mudah melakukan pekerjaannya tanpa merasa terpaksa dan tertekan.

motivasi kerja

4. Meningkatkan keterampilan

Beberapa karyawan memang memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuannya melalui pekerjaan yang erat kaitannya dengan keterampilan yang dimilikinya. Hal ini didasarkan pada alasan bahwa pembentukan keterampilan tidak hanya melalui teori, tetapi juga belajar menguasai diri di dunia kerja, dan juga dapat bertukar ilmu dengan rekan kerja.

5. Rasa tanggung jawab

Beberapa karyawan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal ini menyebabkan mereka memiliki motivasi untuk menjalankan perannya dalam suatu perusahaan. Misalnya, penjualan produk tergantung pada kinerja seorang karyawan. Sehingga karyawan akan merasa jika tidak bekerja secara maksimal maka perusahaan akan mengalami kerugian yang besar.

Baca juga: Mengenali Lingkungan Kerja yang Beracun dan Cara Mengatasinya

6. Memiliki kewajiban

Selain tanggung jawab, seorang karyawan juga dapat merasa harus memenuhi kewajibannya dalam bekerja.

7. Ingin mencapai tujuan

Setiap orang memiliki tujuan dalam hidupnya. Ini adalah indikator penting bagi karyawan. Selain itu, mereka juga akan menilai apakah lingkungan (perusahaan) dapat mewujudkan tujuannya. Ketika ia melihat bahwa perusahaan memberikan kesempatan itu, maka semakin besar motivasi kerja seorang karyawan.

Dampak Motivasi Kerja Karyawan Bagi Perusahaan

Ketika seorang karyawan memiliki motivasi kerja yang baik, tidak hanya membuat seorang karyawan lebih rajin datang ke kantor. Hal-hal lain yang memiliki dampak yang lebih penting ketika seorang karyawan memiliki motivasi kerja, seperti:

1. Dapat melakukan pekerjaan secara efisien

Ketika seseorang memiliki motivasi kerja, maka semakin jarang mereka merasa jenuh. Mereka akan selalu berusaha melawan kebosanan, agar tidak lalai dalam menjalankan tanggung jawabnya di perusahaan.

2. Suasana kerja akan selalu nyaman melalui motivasi kerja

Dengan memiliki motivasi, karyawan juga akan memiliki mood yang baik saat bekerja. Suasana hati ini akan membawa karyawan menjadi pribadi yang menyenangkan dan suasana kerja menjadi lebih nyaman.

3. Persaingan sehat di tempat kerja

Dalam dunia kerja, persaingan adalah hal yang wajar. Mengingat setiap orang memiliki tujuan karir masing-masing. Namun, mereka akan memiliki kesadaran bahwa persaingan harus dikalahkan secara sehat melalui kinerja yang baik.

Baca: Apa Manfaat CSR Bagi Bisnis?

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Mungkin Anda yang sedang membaca ini sedang mencari cara untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja. Berikut kami rangkum beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan motivasi kerja:

1. Waktu kerja dan istirahat seimbang

Anda pasti pernah mendengar tentang kelelahan. Burnout adalah situasi yang muncul ketika seorang karyawan bekerja secara berlebihan. Bekerja secara berlebihan dapat memicu seorang karyawan menjadi cepat stres dan jenuh. Mungkin dengan bekerja secara berlebihan bisa membuat pekerjaan Anda cepat selesai, namun belum tentu kualitas pekerjaan menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengatur jadwal kerja dan memilih waktu istirahat yang tepat. Maksimalkan pekerjaan Anda saat jam kerja dan istirahatlah saat jam kerja selesai. Ini juga dapat membantu pikiran Anda untuk berpikir lebih jernih dan apa yang Anda lakukan lebih berkualitas.

kinerja karyawan
Sumber: freepik.com

2. Memiliki gaya hidup sehat

Kesehatan juga merupakan faktor yang dapat menimbulkan motivasi Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat , seperti berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan bergizi.

3. Selalu berpikir positif untuk memunculkan motivasi kerja

Selalu tanamkan pikiran positif saat Anda mulai merasakan kejenuhan di tempat kerja. Dengan pikiran yang positif, Anda tetap bisa menjaga semangat dalam diri dan mencapai apa yang Anda tuju.

4. Menerima kritik dan saran dari orang lain

Sebagai karyawan, jangan keras kepala. Ketika seseorang memberi Anda kritik dan saran, ada baiknya untuk memikirkannya dan memperbaiki hal-hal buruk dalam pekerjaan Anda.

5. Hadiahi diri sendiri ketika Anda berhasil melakukan sesuatu

Mungkin beberapa kali dalam pekerjaan Anda, Anda mendapatkan kepercayaan untuk memegang beberapa proyek. Hal ini tentunya akan semakin menguras waktu dan tenaga Anda. Akan sangat bagus bila Anda dapat menyelesaikan proyek dengan baik dan memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Misalnya, Anda meluangkan waktu untuk menyegarkan diri ke taman kota, mall, atau mengunjungi kafe baru di lingkungan Anda.

Sedikit Kutipan Motivasi Kerja

Agar lebih bersemangat dan termotivasi untuk bekerja, berikut kami rangkum beberapa kutipan yang bisa membuat Anda lebih termotivasi dan mencapai tujuan Anda:

Konsentrasikan semua pikiran Anda pada pekerjaan yang ada. Sinar matahari tidak membakar sampai dibawa ke fokus. -Alexander Graham Bell

Ketika kita berusaha untuk menjadi lebih baik dari kita, segala sesuatu di sekitar kita menjadi lebih baik juga. -Paulo Coelho

Anda harus bangun setiap pagi dengan tekad jika Anda ingin tidur dengan kepuasan. -George Lorimer

Salah satu nasihat terbaik yang pernah saya dapatkan adalah dari seorang ahli kuda. Dia mengatakan kepada saya untuk pergi lambat untuk pergi cepat. Saya pikir itu berlaku untuk semua hal dalam hidup. Kita hidup seolah-olah tidak ada cukup waktu dalam sehari, tetapi jika kita melakukan setiap hal dengan tenang dan hati-hati, kita akan menyelesaikannya lebih cepat dan dengan lebih sedikit stres. -Viggo Mortensen

Time is an equal opportunity employer. Each human being has the same number of hours and minutes every day. Rich people can’t buy more hours. Scientists can’t invent new minutes. And you can’t save time to spend it on another day. Even so, time is amazingly fair and forgiving. No matter how much time you’ve wasted in the past, you still have an entire tomorrow.” –Denis Waitley

Also read: The Importance of Attitude in the Work Environment

Conclusion of Work Motivation

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti terkadang Anda akan mengalami kejenuhan. Namun, Anda perlu melawan kebosanan untuk terus melangkah ke apa yang Anda tuju dan tetap menjadi orang yang produktif. Motivasi kerja seseorang muncul dari diri sendiri. Sebesar apapun motivasi yang datang dari luar, Anda akan rugi jika tidak memiliki keinginan untuk keluar dari kejenuhan dan kebosanan.

motivasi kerja

Seorang SDM harus memperhatikan titik jenuh dan kinerja setiap karyawan. Tentu tidak akan mudah jika ia mengontrol satu per satu karyawannya secara manual. HR dapat menggunakan software HRM  dari HashMicro. HashMicro menyediakan sistem terintegrasi yang dapat mempengaruhi kinerja seluruh karyawan secara detail. Hal ini tentunya akan membantu HR dalam mengontrol karyawannya.

Unduh Sekarang: Perhitungan Skema Harga Perangkat Lunak dari HashMicro

Interest in getting savvy tips for improving your business efficiency?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Looking for software system to improve your business efficiency?

Get a free consultation with our business expert by filling in this form!

Rachel-Panjaitan

Chelsea
Typically replies within an hour

Chelsea
Looking for a Free Demo?

Contact us via WhatsApp and let us know the software you are looking for.

Claim up to 80% Productivity Solution Grant for various HashMicro Software!
1:40
+6587776207
×
Book a Demo by WhatsApp