HomeProductsAccountingInvestors: Tips for Getting Funds from Them

Investors: Tips for Getting Funds from Them

Investor atau pemodal adalah istilah untuk orang yang melakukan investasi. Umumnya sebutan ini lebih ditujukan kepada individu atau lembaga yang melakukan investasi pada suatu perusahaan atau bisnis, untuk mendapatkan pengembalian atas kegiatan investasinya.

Investee adalah tempat dimana investor menginvestasikan dananya. Tugas investee adalah menggunakan dan memproses modal untuk menjalankan bisnis. Investee mendapatkan imbalan yang akan dikembalikan beserta modalnya kepada investor. Sehingga terjadilah simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Namun, apa saja jenis, kelebihan, dan tips mendapatkan investasi untuk perusahaan Anda? Baca terus untuk menemukan jawabannya dengan membaca artikel ini lebih lanjut.

 

 

Jenis Investor

Investor malaikat

Saat dilansir Investopedia , angel investor adalah orang kaya yang memberikan dukungan finansial kepada perusahaan kecil seperti startup.

Biasanya, dia akan meminta imbalan atas kepemilikan saham startup tersebut. Seringkali, angel investor adalah orang-orang terdekat seperti keluarga atau bahkan sesama pengusaha.

Angel investor adalah malaikat bisnis, angel investor, atau bahkan investor bangsawan. Secara umum, pemodal jenis ini lebih fokus membantu startup dalam perkembangannya daripada memprioritaskan keuntungan yang mungkin didapat.

Meski risikonya terdengar sangat tinggi, namun keuntungan yang akan mereka dapatkan tentu sangat menggiurkan.

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran yang Bisa Dilakukan Setiap Startup Atau Usaha Kecil!

Modal usaha

Berbeda dengan Angel Investors, Venture Capitalists mengharapkan imbalan dari perusahaan yang mereka danai. Venture Capitalists menargetkan perusahaan yang menunjukkan potensi pertumbuhan tinggi dengan meminta saham ekuitas sebagai imbalan setelah perusahaan yang mereka danai tumbuh besar.

Distribusi saham dan parameter tingkat perkembangan perusahaan disepakati bersama oleh Pemodal Ventura dan perusahaan.

Umumnya, VC mendapatkan uang mereka dari pemodal kaya, bank investasi, dan lembaga keuangan lainnya. Ini mungkin jawaban atas pertanyaan Anda tentang dari mana VC mendapatkan uangnya. Namun, tidak semuanya berbentuk uang. Terkadang ada juga yang berupa keahlian atau keterampilan teknis.

Baca juga: Pentingnya Financial Planner untuk Mengembangkan Bisnis Anda | Tips & Cara

 

 

Keuntungan Mendapatkan Investasi dari Investor Swasta

Bisa Mengenal Lebih Dekat Calon Investor

Ada beberapa faktor yang tidak boleh Anda lupakan dalam berbisnis, yaitu faktor koneksi. Oleh karena itu, keuntungan memiliki pinjaman dari angelfinancier investasi modal adalah bahwa setiap calon investor dan calon pengusaha dapat memiliki hubungan yang lebih dekat. 

Memahami Kepentingan Khusus Calon Investor

Umumnya, proses peminjaman akan lebih mudah jika pemodal memiliki minat tertentu pada jenis usaha yang ingin mereka bangun.

Misalnya, pemodal mungkin memiliki minat pada bisnis restoran bertema tertentu, tetapi tidak memiliki ide atau keahlian untuk membuat restoran, sehingga ia lebih tertarik untuk menjadi pemodal.

Tidak Membebani Bunga

Umumnya, pemodal swasta tidak akan memberikan beban pinjaman bunga yang besar, seperti pinjaman yang diberikan oleh bank. Jadi, mereka tidak akan direpotkan dengan biaya tambahan, karena suku bunga yang lebih tinggi.

Memiliki Persyaratan Lebih Fleksibel

Biasanya, bank dan lembaga keuangan lainnya memiliki persyaratan yang cukup ketat dalam hal peminjaman dan juga pembayaran.

Namun, investor swasta dapat berdiskusi dengan calon peminjam sehingga dapat menentukan keputusan pembayaran yang telah disepakati kedua belah pihak. Namun perlu digarisbawahi bahwa faktor kepercayaan sangat penting dalam membuat kesepakatan antara investor swasta dengan debiturnya.

 

Meskipun investor memberikan uang kepada perusahaan start-up yang memiliki potensi dan dampak yang baik, penggunaan ERP untuk perusahaan startup atau bisnis yang baru memulai dapat menjadi keputusan yang cerdas dan menguntungkan bagi perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Teknologi Manufaktur Cerdas Menguntungkan Investor Industri

 

 

Tips Menarik Investor untuk Perusahaan Anda

1. Lakukan riset terhadap investor

Find out as much as you can about potential investors. You must understand the type of financier in question and the terms of the cooperation they provide. You can also learn about the investments they have made in other companies or projects before, the interests of the financiers, and their business conditions. By studying it, you can estimate the advantages and disadvantages, the positive and negative sides of the prospective investor that will be useful for the next stage. 

2. Know the business plan

Know and understand the ins and outs of your company’s business, both advantages, and disadvantages. Understanding the advantages and disadvantages of a business can make a company better prepared to face the challenges and obstacles while seeking investors. Your company will also compete with other companies. So, you should also understand the unique value and proportions that you can highlight to investors and compare your competitors. 

3. See the company’s business from an investor’s point of view

Try to see your company from an investor’s point of view. Will investors be interested in the current condition of your company? This question will anticipate what they want from the company so that you are not awkward when presenting the company to investors. Even if there are deficiencies in your company that you think reduce the interest of them to invest funds, you can design a plan that can minimize these deficiencies.  

4. Design a credible business plan

A business plan is very important for companies to attract potential investors. The business plan includes financial projections, an Executive Summary, a Business Model, and the assumptions of the company that could occur. this can help them to understand your company better.

5. Try promotion through social networks

Although there are ‘official’ channels for contacting investors and sending business design proposals, there is no harm in using social networks. Take advantage of the network society that you have by promoting the company’s business to your colleagues. It is possible if your colleagues know those who have great potential and introduce you to working with these investors. 

6. Understand how your company gets ROI

Both Angel Investors and Venture Capitalists, both want to know how your company will get a Return on Investment (ROI) or return on investment. The level of ROI is important for investors to be used as a parameter of whether your company is eligible to be funded or not. ROI is still related to Financial Projection. So, design the ROI on the Financial Projection as realistic and attractive as possible to get the lyric from investors. 

7. Choose the right investors

It’s important to make sure you find the right investors. Analyze the conditions that investors provide first and don’t be immediately tempted by the funding they offer.

Investors are your partners for a certain period so you will need investors you can work with well and trust and monitor each other.   

8. Join an accelerator startup

Dengan bergabung dalam akselerator bisnis, Anda akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan untuk pengembangan perusahaan Anda. Perusahaan yang berpartisipasi dalam akselerator bisnis memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mendapatkan peluang keuntungan yang besar. 

Investor akhirnya akan melihat perusahaan yang mengikuti akselerator bisnis yang lebih menguntungkan dan menarik dibandingkan perusahaan lain. 

9. Meminta saran

Anda bisa membangun hubungan baik terlebih dahulu dengan meminta saran dan membangun hubungan dengan pihak tertentu dan mendapatkan saran dari senior yang telah berkecimpung di dunia bisnis. Anda dapat memahami kelemahan, peluang, dan potensi dalam bisnis Anda.

10. Belajar dari kegagalan

Negosiasi tidak selalu berjalan mulus. Jika negosiasi Anda dengan calon pemodal belum menghasilkan kesepakatan, analisis mengapa kegagalan itu bisa terjadi. Tanggapan mereka terhadap pernyataan Anda dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang mereka lakukan dengan baik dan apa yang menyebabkan penolakan.

Untuk memfasilitasi komunikasi Anda dengan mereka saat bernegosiasi, pertimbangkan untuk menggunakan sistem otomatis dalam manajemen pemasok Anda. Sistem yang terotomatisasi dengan baik memberikan Anda berbagai kemudahan seperti  portal pemesanan online,  penyimpanan data supplier yang lengkap , dan masih banyak lagi.

Baca juga Pembuatan Proposal Bisnis, Kembali ke Dasar!

 

 

Kesimpulan

Itulah informasi terkait tipe investor, keuntungan, dan tips mendapatkan investor. Tidak hanya itu, hal lain yang tidak kalah penting untuk menarik perhatian investor adalah dari laporan keuangan perusahaan Anda karena dari laporan keuangan tersebut dapat terlihat keseriusan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak sedikit pemilik perusahaan yang menyepelekan hal ini, bahkan jarang melakukan pencatatan keuangan dengan baik dan benar.

Padahal, dalam bisnis, laporan keuangan merupakan cerminan dari kesehatan keuangan bisnis perusahaan. Nah, untuk memudahkan pekerjaan Anda terutama dalam mencatat transaksi, menilai aset, melakukan pelaporan pajak hingga membuat laporan keuangan, pastikan Anda menggunakan bisnis tersebut. Sistem Akuntansi terbaik untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Dengan sistem HashMicro, Anda dapat menyesuaikan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Perusahaan dari semua ukuran dapat menggunakan perangkat lunak ini, baik besar maupun kecil.

Interest in getting savvy tips for improving your business efficiency?

Olivia Mariane Gunawan
Olivia Mariane Gunawan
Looking forward to give the readers more new insights and useful informations everyday! For business inquiries: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Looking for software system to improve your business efficiency?

Get a free consultation with our business expert by filling in this form!

Rachel-Panjaitan

Chelsea
Typically replies within an hour

Chelsea
Looking for a Free Demo?

Contact us via WhatsApp and let us know the software you are looking for.

Claim up to 80% Productivity Solution Grant for various HashMicro Software!
1:40
+6587776207
×
Book a Demo by WhatsApp